Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Sanca Ditangkap Saat Melahap Anak Kambing

Kompas.com - 15/03/2013, 22:44 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com -- Peristiwa menghebohkan terjadi di Desa Kalibagor, Kecamatan Kota, Situbondo, Jawa Timur menyusul ditangkapnya ular Sanca Kembang, Jumat (15/3/2013). Ular sepanjang sekitar 4 meter tersebut ditangkap oleh warga setempat setelah binatang melata itu memakan anak kambing warga.

Informasi tentang tertangkapnya ular dengan diameter sekitar 30 cm itu langsung menyebar ke sejumlah warga sekitar. Bahkan, hanya dalam hitungan menit, puluhan warga yang penasaran, langsung berdatangan untuk melihat ular Sanca di rumah Muhammad Guntur.

Guntur, penemu dan penangkap ular tersebut, mengaku, awalnya ia tidak pernah menyangka akan mendapati ular panjang itu. Saat itu, ia berada di sekitar rumahnya, tiba-tiba melihat seekor ular sedang memakan anak kambing di kawasan perbukitan dekat rumahnya. Karena penasaran dengan besarnya ular itu, dia memanggil istrinya. Guntur pun segera menangkap ular yang sedang menyantap anak kambing itu.

"Pada saat saya memperbaiki pagar rumah, saya melihat ular itu sedang makan kambing. Saat ditangkap ular itu tidak banyak bergerak dan langsung saya bawa pulang ke rumah," beber Guntur.

Dia menambahkan, selain ular yang berkelamin jantan tersebut, masih ada satu ular lagi yang kabur ke tempat persembunyiannya saat hendak ditangkap. Karena itu, Guntur masih akan menangkap ular betina yang ukurannya lebih panjang itu.

Budiono, warga setempat, mengaku khawatir dengan ular betina yang kabur. Pasalnya, ular itu bisa saja berkeliaran di perumahan warga dan memangsa manusia.

"Dengan ukurannya itu, kambing saja dimakan. Bayi manusia bisa saja menjadi mangsa. Saya khawatir ular itu menyerang manusia. Kami berharap warga berhati-hati," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com