Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Penderita Kanker Darah Terima Bantuan Pembaca

Kompas.com - 25/02/2013, 08:44 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Berita tentang Nurul Humairah (1), bayi penderita kanker darah asal Desa Yayasan, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, mengetuk hati pembaca Kompas.com untuk mengulurkan bantuan. Minggu (24/2/2013) sore, bantuan itu diserahkan kepada orangtua Nurul di kediamannya.

Orangtua nurul, Rasil Hi Muhammad (25) dan Rini Arif (22) merasa terharu. Keduanya pun berulang kali mengucap syukur seraya berterima kasih kepada pembaca Kompas.com yang membantu meringankan beban mereka untuk biaya operasi Nurul Humairah. "Kami hanya bisa berdoa semoga amal ibadah pembaca Kompas.com diterima di sisi Allah SWT," tutur Rini saat menerima bantuan senilai Rp 1.500.000.

Rini bersama suaminya berharap uang tersebut dapat membantu meringankan beban mereka, kelak bila Nurul akan dirujuk ke Makassar atau ke Jakarta untuk dioperasi. Bagi Rini dan Rasil, penyakit yang diderita Nurul harus dioperasi. Karena itu, Rini dan Rasil akan mengaku akan menyimpan santunan tersebut untuk keperluan biaya operasi nanti.

Menurut Rasil, Pemkab Pulau Morotai juga berencana membantu meringankan beban keduanya dengan merujuk Nurul ke Rumah Sakit yang bisa menyembuhkan penyakit Nurul.

Nurul Humairah yang pada 22 Februari 2013 kemarin genap berusia 1 tahun ini menderita kanker darah semenjak berusia 4 bulan. Penyakit kanker darah mengakibatkan Nurul mengalami benjolan di telinga dan pipi kanan. Beberapa bulan lalu, benjolannya sangat memprihatinkan karena sering mengeluarkan nanah, bahkan ulat kecil karena benjolannya membusuk.

Orangtua Nurul tidak mampu mengobati Nurul sebagaimana saran beberapa dokter ahli yang ditemuinya. Bayangkan saja, Nurul hanya bisa dioperasi bila dirujuk ke Makassar atau ke Jakarta. Pendapatan orangtua Nurul sebagai tenaga honorer tidak mencukupi. Kondisi seperti inilah yang kenudian menyentuh hati para pembaca saat Kompas.com merilis berita tentang Nurul akhir Januari 2013 lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com