Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Banjir di Sulut, Kementerian PU Bangun Waduk

Kompas.com - 21/02/2013, 18:53 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Guna mencegah terulangnya banjir akibat luapan Sungai Tondano di Sulawesi Utara, pemerintah pusat membangun Waduk Kuil di hulu sungai tersebut mulai 2015.

Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Hartanto yang ikut dalam rombongan kunjungan Dewan Perwakilan Daerah, Kamis (21/2/2013) di Manado, mengatakan, pihaknya kini telah merampungkan desain waduk tersebut.

"Tahun depan akan dilakukan tahapan sertifikasi desain waduk dan pembebasan lahan. Tahun 2015, kami harapkan konstruksi waduk ini sudah bisa dimulai," ujarnya.

Pembangunan waduk di hulu Sungai Tondano yang membelah Kota Manado ini salah satunya untuk mencegah banjir yang kerap terjadi di wilayah itu. Bersamaan dengan itu, normalisasi juga akan dilakukan di sungai itu.

Sebelumnya, Wali Kota Manado Vecky Lumentut mengatakan, ada lima aliran sungai yang membelah Kota Manado, salah satunya Tondano. Kelima sungai ini hingga kini belum tersentuh rekayasa teknik.

Banjir kerap terjadi di Manado mana kala curah hujan di wilayah hulu sungai-sungai itu meningkat. Namun, Vecky mengungkapkan, longsor dan banjir yang menewaskan 10 orang di ibu kota Sulut ini 17 Februari lalu adalah yang terburuk sepanjang belasan tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com