Senin, 22 September 2014

News / Regional

Ini Data Korban Terdampak dan Kerugian Bencana Alam Manado

Rabu, 20 Februari 2013 | 07:15 WIB

Terkait

MANADO, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado, Sulawesi Utara menyatakan jumlah korban terdampak bencana alam di Manado sudah mencapai 41.863 jiwa. Ribuan rumah warga pun rusak. Banjir dan longsor hampir bersamaan menerpa Manado, pada akhir pekan lalu.

"Jumlah korban ini terbagi menjadi 40.018 jiwa korban banjir dan 1.845 jiwa korban longsor," kata Kepala BPBD Manado Maximllian Tatahede di Manado, Rabu (20/2/2013). Dia menyebutkan jumlah korban berasal dari 12.453 kepala keluarga, dengan 11.935 kepala keluarga menjadi korban banjir dan 518 korban longsor.

Tahatede menyebutkan pula 4.220 rumah rusak dalam bencana yang bersamaan menerpa Manado ini. Rinciannya, 3.579 rumah rusak ringan dan 641 rusak besar.

Sedangkan pada para korban, BPPD terus menyalurkan bantuan kedaruratan, berupa beras, beragam makanan kemasan dan siap saji, perlengkapan harian, terpal, dan selimut. "Selain memberikan bantuan fisik, pemerintah juga memberikan bantuan moril yakni Tim Doa Transformasi dan Familylife Manado, untuk memberikan penguatan bagi para korban," kata Tatahede.

Bantuan untuk korban bencana Manado datang tak hanya dari pemerintah. Pihak swasta pun banyak yang mengulurkan tangan mengirimkan bantuan untuk meringankan kesulitan para korban. Bahkan, yayasan sosial di Malaysia juga memberikan sejumlah dana untuk membantu para korban. (KR-JHB/M029/Tasrief Tarmizi)

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Banjir dan Longsor di Manado

 


Editor : Palupi Annisa Auliani
Sumber: