Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distribusi Logistik Pilgub di Mimika Terkendala Cuaca

Kompas.com - 25/01/2013, 22:16 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com -- Menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur Papua pada 29 Januari mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika mulai malam ini melakukan distribusi logistik ke 18 distrik di Kabupaten Mimika. Distribusi logistik pemilihan gubernur di Kabupaten Mimika, akan dilakukan oleh PT Trans Mimika selaku pemenang tender yang diadakan KPUD Mimika.

Bernardinus Songbes, Sekretaris KPUD Mimika, yang ditemui di Kantor KPUD Mimika siang tadi (25/1/2013) mengatakan bahwa distribusi ke-18 distrik akan menggunakan transportasi darat, laut dan udara. Pengiriman logistik yang pertama akan dilakukan malam ini dengan tujuan Kapiraya, Distrik Mimika Barat Tengah.

Menurut Songbes, pengiriman ke Kapiraya didahulukan karena harus menggunakan longboat melalui laut dan sungai yang sangat bergantung pada pasang surut air dan cuaca di laut. Pengiriman logistik yang lebih besar akan dilakukan pada hari Sabtu, dengan menggunakan longboat dan pesawat dengan tujuan Distrik Jila, Jita, Agimuga, Mimika Timur Jauh, Mimika Barat Jauh, Mimika Barat, Mimika Tengah dan sebagian Distrik Tembagapura.

Untuk daerah yang bisa dijangkau dengan transportasi darat seperti Distrik Mimika Timur, Mimika Baru, Kuala Kencana dan Tembagapura, baru akan didistribusikan pada hari Minggu. Distribusi logistik yang dilakukan 4 hari sebelum pelaksanaan pemilihan suara, cukup riskan mengingat distribusi ke sejumlah distrik dengan menggunakan transportasi laut, sungai ataupun transportasi udara sangat bergantung kepada cuaca. Namun Songbes tetap optimistis semua logistik akan sampai ke distrik hingga ke kampung-kampung pada H-2 atau tanggal 27 Januari mendatang.

Pemilihan Gubernur Papua yang dilaksanakan di Kabupaten Mimika nantinya akan dilaksanakan oleh 13 Panitia Pemilihan tingkat Distrik (PPD) dari 18 distrik, karena dari 6 distrik pemekaran, hanya Distrik Kwamki Narama yang sempat membentuk PPD. Pesta demokrasi ini diikuti oleh 175.987 pemilih, yang terbagi dalam 552 tempat pemilihan suara (TPS).

Sementara itu, Paur Humas Polres Mimika, Aipda Hempi Ona, yang dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan bahwa pada malam ini Polres Mimika mengirim 34 personel polisi untuk pengamanan pemilihan gubernur. Mereka akan disebar di Distrik Jita, Agimuga, Mimika Barat Tengah dan Mimika Barat.

Sementara pengiriman personel untuk beberapa distrik lainnya akan dilakukan besok. "Rencananya di tiap distrik akan ada 1 personel yang melakukan pengamanan tertutup. Sedangkan untuk penjagaan di TPS akan disiapkan 1-2 personel, tergantung tingkat kerawanannya," jelas Hempi. (K63-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com