Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Bermuatan Pakaian Bekas Tenggelam, 10 ABK Hilang

Kompas.com - 14/01/2013, 20:29 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com -- Sebuah kapal motor bernama Kembang Doa dengan bobot GT 144, tenggelam di sekitar 18 mil arah timur perairan Binongko Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, akibat dihantam ombak, Minggu (13/1/2013) siang.

Kapal yang memuat pakaian bekas itu bertolak dari Maumere, NTT menuju Wanci Kabupaten Wakatobi. Akibatnya, sepuluh anak buah kapal (ABK) dinyatakan hilang.

Juru bicara kantor badan Search and Rescue (SAR) Kendari, Wahyudi mengatakan, pihaknya bersama anggota pos Angkatan Laut, anggota Pos Pol Air Wanci, Polsek Binongko dan warga setempat telah mencari 10 orang ABK yang hilang.

"Jadi tim sudah melakukan pencarian terhadap sepuluh ABK KM Kembang Doa mulai tadi pagi dengan menggunakan Rigid Inflatable boat (RIB), namun belum ada temuan. Pencarian dihentikan sementara akibat cuaca buruk dan akan dilanjutkan besok pagi," ungkap Wahyudi, Senin (14/1/2013).

Ia menjelaskan, sepuluh ABK Kapal yang tenggelam yakni Empeng selaku nahkoda kapal, Adisyam, Hidayat, Suandi, Irham, Supriadi, Sudirman, Mandira, Said dan Haeruddin. Wahyudi menambahkan, KM Kembang Doa 144 GT itu tenggelam dalam perjalanan setelah dihantam gelombang setinggi tiga meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com