Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan Tua di Kota Lama Semarang Roboh

Kompas.com - 13/01/2013, 16:13 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com -- Sebuah bangunan cagar budaya yang berada di Jalan Gelatik, Kelurahan Purwodinatan, Semarang atau kawasan Kota Lama Semarang roboh, Minggu (13/1/2013). Bangunan kosong yang roboh di kawasan itu bukanlah yang pertama, sebab sebelumnya beberapa bangunan lain yang memang sudah berumur tua tersebut sempat roboh.

Atap dan lantai atas bangunan dengan tinggi sekitar 15 meter tersebut roboh ke jalan. Sebab itu, arus lalu lintas yang melewati jalan tersebut sempat dialihkan sementara. Tidak ada korban jiwa ataupun korban luka dalam peristiwa itu. Sebab kondisi sekitar saat kejadian memang tengah sepi.

Robohnya bangunan ini diduga karena bangunan sudah berusia tua dan rapuh. Selain itu, kemungkinan juga karena kondisi cuaca yang selalu hujan dan angin cukup kencang. Sejumlah warga tampak berupaya menyingkirkan metarial bangunan dengan alat seadanya agar tidak menutup badan jalan. Satu unit alat berat dari Dinas Bina Marga Kota Semarang kemudian didatangkan untuk mengangkut material.

Suratwiartono (58), warga sekitar mengatakan, bangunan roboh sekitar pukul 09.30 WIB. Ketika itu, ia mendengar suara gemuruh. "Saat keluar bangunan itu sudah roboh dan batu bata juga sudah di jalanan, suaranya bergemuruh sebelum roboh," ujar warga RT 04 RW 05, Kelurahan Purwodinatan, Semarang Tengah ini.

Ia mengatakan bangunan tersebut saat ini dalam kondisi kosong. Sebelumnya bangunan itu dimanfaatkan untuk perusahaan kosmetik. Sejumlah bangunan di kawasan Kota Lama ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang sekarang banyak yang tidak terurus. Sebab pemilik bangunan tersebut banyak yang tidak diketahui keberadaannya.

Pemerintah Kota Semarang diharapkan segera mengambil tindakan penanganan dan pemeliharaan bangunan. Sehingga robohnya bangunan yang berusia ratusan tahun ini tidak terulang lagi.

Sebelumnya pada pertengahan Januari dan April 2011, dua bangunan cagar budaya di kawasan Kota Lama, tepatnya Jalan Kepodang, juga roboh. Saat itu metarial bangunan menimpa enam mobil dan tiga sepeda motor yang sedang diparkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com