Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalan via FB, Joko Sikat Tujuh Motor

Kompas.com - 08/01/2013, 19:13 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Berkenalan via jejaring sosial Facebook, Joko Satriyo (27), warga Kelurahan Sekarputih, Kecamatan Kota, Bondowoso, Jawa Timur, mampu menipu dan menggelapkan tujuh motor milik kenalannya. Ketujuh korbannya adalah wanita berusia 24-35 tahun. Bahkan, salah seorang korban penipuan adalah guru SD bernama Wiwik yang baru sebulan menikah, warga Desa/Kecamatan Kapongan, Situbondo.

Polisi menangkap Joko di Jalan Argopuro, Kecamatan Panji, Situbondo, dan dijebloskan ke sel Mapolres Situbondo, Selasa (8/1/2013) sore. Kepada penyidik, Joko mengaku menipu dengan cara berkenalan melalui Facebook dan mengaku sebagai mahasiswa sebuah perguruan tinggi di Jember.

Setelah itu, dia minta nomor ponsel dan membuat janji untuk bertemu dengan korban. "Nah begitu ketemu dengan para korban, saya berjanji untuk membelikan sepeda motor yang baru, saat itulah saya pinjam sepeda motor milik korban dan langsung dibawa kabur. Dari tujuh motor, baru tiga sepeda motor yang sudah terjual, sedangkan sisanya masih belum terjual," kata Joko.

Kepala Satreskrim Polres Situbondo AKP Sunarto menjelaskan, pelaku ditangkap setelah salah seorang korban, Wiwik, melapor ke polisi. Polisi menangkap Joko saat mengendarai motor Honda Beat dengan nomor polisi P 6476 EZ di Kecamatan Panji. "Honda Beat tersebut kita amankan. Selain itu, dari rumah tersangka polisi mengamankan tiga unit motor jenis Honda Beat juga. Untuk sementara kami baru menerima empat laporan penipuan yang dilakukan oleh tersangka Joko Satrio," kata Sunarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com