Truk Pengangkut Mobil Terperosok di Jembatan Tua - Kompas.com

Truk Pengangkut Mobil Terperosok di Jembatan Tua

Kontributor Polewali, Junaedi
Kompas.com - 31/12/2012, 14:39 WIB

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com -- Sebuah truk fuso yang mengangkut enam unit mobil terperosok di jembatan Tubo kilometer 74, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Akibatnya, ratusan kendaraan dari Mamuju dan Palu menuju Makassar dan sebaliknya, terjebak macet sepanjang dua kilometer lebih. Ratusan warga yang akan merayakan malam pergantian tahun baru di makassar terancam tidak bisa tiba tepat waktu.

Sejumlah warga mengaku, jembatan Tubo yang hanya memiliki lebar 3 meter dan sudah berumur puluhan tahun ini tidak layak lagi untuk dilalui kendaraan, terutama yang berukuran lebar dan panjang. Namun karena tidak ada jalur alternatif, rentetan kecelakaan pun kerap terjadi di wilayah ini dan tak jarang mengakibatkan korban jiwa.

Sebelumnya, di lokasi ini sebuah bus pernah terjun ke sungai hingga belasan penumpangnya tewas. "Jembatannya sudah tua dan memang tidak layak lagi dilalui kendaran terutama angkutan besar," ujar Hanafi, warga Desa Tubo.

Tidak adanya alat berat yang diterjunkan untuk membantu proses evakuasi truk yang terperosok ini, membuat proses evakuasi berjalan lambat. Untuk menghindari antrean panjang kendaraan dari arah Palu menuju Makassar, polisi terpaksa memberlakukan sistem buka tutup satu arah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kembali kecelakaan lantaran kondisi jembatan sudah rusak dan nyaris roboh.

PenulisKontributor Polewali, Junaedi
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM