Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Nganjuk Berlangsung Tenang

Kompas.com - 12/12/2012, 15:45 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebanyak 890.809 warga Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, yang terdaftar dalam pemilih tetap menggunakan hak pilih dalam pemilihan kepala daerah, Rabu (12/12/2012).

Suara mereka diperebutkan enam pasangan kandidat bupati dan wakil bupati dari jalur independen maupun jalur partai politik. Dari jalur independen yaitu Njono Djojo Astro-Saiful Anam dan Yusmanto-Gatot Nursalim.

Dari jalur partai politik adalah KPH Pied Yudhianto-Basuki, Siti Nurhayati-Sumadi, Suci Purnomo-Djaelani Ishak, dan Taufiqurrahman (Bupati petahana)- Abdul Wahid Badrus.

Warga memberikan suara mereka di  1.987 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh Kabupaten Nganjuk, Seperti pada TPS 10 di Kelurahan Mangundikaran, para warga terlihat memberikan suara mereka.

Seperti pemungutan suara pada umumnya, para pemilih mencoblos surat suara secara tertutup kemudian memasukkannya kotak suara. Proses pencoblosan itu diakhiri dengan pencelupan jari kelingking pada tinta ungu. Suasana tersebut berlangsung hingga pukul 13.00 sesuai waktu yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah setempat, untuk dilanjutkan dengan penghitungan suara.

Salah satu kandidat Bupati, Njono Djojo Astro yang memberikan suaranya di TPS 10 menyatakan pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar. Ia juga sempat memantau ke beberapa TPS lain dan menyatakan secara umum semua berjalan tertib.

"Cuma tadi sempat ada informasi ditemukan kartu suara yang rusak di daerah Prambon dan sudah saya laporkan ke Panwas," kata Njono.

Sementara pandangan mata dibeberapa sudut kota, situasi keamanan berjalan kondusif. Personel kepolisian polisi terlihat berjaga-jaga di beberapa sudut kota dan beberapa tempat strategis lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com