Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi Letusan Lokon 600 Meter

Kompas.com - 11/11/2012, 14:52 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu Farid Ruskanda Bina menjelaskan, tinggi letusan Gunung Api Lokon pada Minggu (11/11/2012) mencapai 600 meter.

"Lokon meletus sekitar pukul 13.43 Wita yang diiringi dengan dentuman tapi lemah," ujar Ruskanda.

Tanda-tanda peningkatan aktivitas vulkanis gunung teraktif di Sulawesi Utara itu sudah terpantau sejak Sabtu (10/11/2012) malam sekitar pukul 23.00 Wita.

"Warga di kaki gunung telah kami minta waspada dan juga kami telah melaporkannya ke PVMBG Bandung serta Pemkot Tomohon," tambah Ruskanda.

Dari catatan Pos Pengamatan, dalam 12 jam terakhir telah terjadi sekitar 100 kali gempa vulkanik. Tercatat 82 kali gempa vulkanik dangkal dan sebanyak 90 kali gempa vulkanik dalam.

Warga Manado yang biasanya segera tahu kalau Gunung Lokon meletus karena terlihat jelas dari arah Manado, kali ini banyak yang tidak tahu kalau Lokon sedang meletus.

"Mungkin karena terhalang awan, sehingga kami tidak bisa melihat letusan Lokon. Biasanya kami sering menonton jika Lokon meletus," ujar Pengki, warga Tateli yang bisa melihat dengan jelas jika Lokon meletus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com