Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sariban Titip Pesan

Kompas.com - 10/11/2012, 20:04 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Di sela hiruk-pikuk pendaftaran peserta pilkada di kantor Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat, terselip seorang pria berusia 69 tahun bernama Sariban.

Dia yang mendapatkan julukan sebagai pahlawan kebersihan dari Bandung, memiliki pesan kepada para calon yang berambisi menjadi gubernur Jawa Barat periode 2013-2018.

Sariban ditemui pada Sabtu (10/11/2012) siang di dalam kantor KPU Jabar. Dia memunguti puntung rokok yang bertebaran di pelataran kantor, berasal dari tangan para pendukung dua calon yang sudah menyerahkan berkas pendaftaran yakni Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki dan Yusuf Macan Effendi (Dede Yusuf)-Lex Laksamana.

"Saya tahu pasti banyak orang di sini, sehingga sampah berserakan," ujarnya dengan suara lantang di usia lanjutnya.

Sariban yang berseragam kuning petugas kebersihan, mengaku tidak mendukung calon tertentu dengan hadir ke kantor KPU. Dia hanya menitipkan pesan kepada siapa pun yang memenangi pilkada Jabar, untuk memerhatikan lingkungan hidup, terlebih lagi soal kebersihan.

Menjelang masa kampanye, dia juga mengharapkan agar tim kampanye dari masing-masing calon tidak melukai pepohonan dengan ditancapi atribut kampanye menggunakan paku. "Dari sanalah sumber air kita," ujarnya.

Selama berada di kantor KPU, Sariban tidak bertemu dengan perwakilan satu calon pun. Usai memunguti puntung rokok, dia mengumpulkan kardus makanan yang ditinggalkan penggembira calon dalam plastik besar.

Setelah itu, Sariban pun melenggang dengan mengayuh sepedanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com