Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran SPBU Jayakarta, Apinya Seperti Gulungan Kasur

Kompas.com - 25/10/2012, 14:58 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terbakarnya SPBU di Jalan Jayakarta, Kelurahan Mangga Dua Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2012), membuat warga yang tinggal dan beraktivitas di sekitar lokasi kebakaran panik. Pasalnya, api yang membakar sebuah dispenser di SPBU itu sulit dipadamkan.

"Wah dari jauh saja panasnya sudah berasa, Mas. Kalau kata orang Sunda, apinya kayak gulungan kasur," kata Edi kepada Kompas.com, seorang pedagang yang warungnya berada persis di sisi kiri SPBU itu.

Dia mengatakan, kebakaran itu juga sempat diwarnai ledakan-ledakan kecil. Entah asalnya dari mana. Tetapi Edi mengaku sangat panik dan hilir mudik memantau besarnya api untuk memastikan tidak menyambar ke area lain dan melumat warungnya.

"Saya teriak-teriak 'kebakaran-kebakaran' biar warga di sini tahu dan siap-siap. Ya kami takut lah, ini kan bensin yang kebakar," ujarnya.

Seorang warga yang ikut menyaksikan dan membantu memadamkan api, Beni menuturkan, api yang membakar SPBU berawal dari sebuah sepeda motor Suzuki Thunder yang terbakar. Posisi motor itu diduga dalam kondisi mesin menyala saat tengah mengisi bahan bakar.

"Panik semua, saya sempat bantu memadamkan pakai alat seadanya. Tapi nyerah, bensin kan susah dimatikan," ujarnya.

Saat ini, situasi di SPBU Jalan Jayakarta telah relatif terkendali. Api yang berkobar sekitar 30 menit berhasil dijinakkan oleh tim pemadam kebakaran dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat yang menerjunkan empat unit mobil pemadam. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sementara pengemudi sepeda motor, Junaedi dilarikan ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, karena mengalami luka bakar di bagian kaki, perut, dan lengannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com