Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden SBY Akan Disambut secara Adat

Kompas.com - 18/10/2012, 14:39 WIB
Samuel Oktora

Penulis

RUTENG, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama rombongan saat tiba di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (18/10/2012) ini, disambut acara adat berupa tarian Tiba Meka dan Manuk Kapu. Direncanakan, Presiden tiba di Ruteng pada pukul 16.00 Wita.

"Tiba Meka adalah tarian untuk menyambut tamu, sedangkan Manuk Kapu merupakan penghormatan atau penyambutan tamu agung dengan penyerahan seekor ayam putih," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai Valentinus Sene, Kamis di Ruteng.

Menurut Valentinus, dalam sambutan Manuk Kapu juga akan dinaikkan doa adat dalam bahasa Manggarai, yang berisikan penyampaian kepada leluhur, tokoh-tokoh besar Manggarai yang sudah meninggal, bahwa Presiden SBY telah tiba di Ruteng. Ini agar para leluhur juga dapat bersama-sama menyambut, sekaligus turut menjaga memberikan keamanan.

"Ketika ayam putih diterima, itu menandakan pula bahwa Presiden SBY diterima baik dalam keluarga besar Manggarai. Diharapkan dari doa adat itu, ketika Presiden datang dengan tersenyum, maka beliau akan kembali pula dengan tersenyum," kata Valentinus.

Presiden direncanakan akan bermalam di Ruteng, dan pada Jumat pukul 08.30 besok, Presiden akan memberikan pidato dalam perayaan puncak Yubileum 100 Tahun Gereja Katolik Manggarai, di Lapangan Motang Rua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com