Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Letusan Lokon Selimuti Kota Manado

Kompas.com - 06/10/2012, 07:46 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Jalanan di Kota Manado sejak Sabtu (6/10/2012) dinihari dipenuhi oleh debu yang beterbangan akibat letusan Gunung Lokon di Kota Tomohon pada Kamis (5/10) pukul 21.37 wita.

"Saya harus menggunakan masker agar terhindar dari menghirup debu. Sangat tidak nyaman," kata Sany warga Banjer yang ditemui saat akan menaiki angkutan umum menuju tempat kerja.

Lokon yang merupakan salah satu gunung berapi paling aktif saat sekarang tadi malam meletus tiga kali yakni pada pukul 21.37 wita, 21.39 dan 21.40 wita.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono mengatakan tipe letusan eksplosif dengan tinggi kolom abu letusan 1.500 meter diikuti lontaran material pijar setinggi 350 meter.

Abu letusan Lokon tersebut tertiup angin ke arah Timur dan Utara, termasuk jatuh di Kota Manado. Cuaca panas yang sedang terjadi di Manado saat sekarang ditambah dengan abu Lokon membuat aktivitas warga sedikit terganggu. Banyak warga yang mengeluh dengan kondisi ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com