Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurir Narkoba Itu Ketua RW

Kompas.com - 16/09/2012, 16:58 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com- Hari Minggu (16/9/2012) pagi tadi warga perumahan Puri Maharani, Sidoarjo, Jawa Timur heboh. Laki-laki dan perempuan saling membentuk kelompok, membahas pangkal kehebohan itu: Ketua RW mereka ditangkap polisi.

Awalnya, mereka tidak yakin dia kurir narkotika yang disebut J itu warga perumahan tersebut. Setelah melihat fotonya di beberapa koran, baru mereka yakin J adalah AA, Ketua RW 5 Desa Masangan Wetan, Sidoarjo.

Tidak tanggung-tanggung, AA alias J tertangkap tangan membawa 200.000 butir ekstasi, 15 kilogram sabu, 1 kilogram ketamin, dan aneka narkotika lainnya. Semua barang itu bernilai sedikitnya Rp 96 miliar.

Ketika dihubungi Kompas dari Batam, Minggu siang tadi, Setyawan, salah seorang warga perumahan menuturkan, AA dikenal sebagai ketua RW yang aktif. Dia tidak segan meluangkan waktu mengurus kepentingan warga di perumahan itu.

AA saat ini memasuki periode kedua sebagai ketua RW 5 yang wilayahnya terdiri dari seluruh perumahan Puri Maharani. Periode pertama berakhir 2009. Saat itu, AA gagal terpilih kembali. Pada pemilihan 2012, ia kembali terpilih sebagai ketua RW.

Selain menjadi ketua RW, AA juga menjadi pengurus partai. Ia tercatat menjadi ketua Dewan Pimpinan Cabang Sukodono pada salah satu partai.

Sampai Minggu siang, papan nama partai itu masih berdiri di depan rumah AA. Namun, warga tidak pernah tahu apa pekerjaan pasti AA.

Di rumahnya ada toko kelontong, tetapi toko itu tidak selalu ramai pembeli. Apalagi, di perumahan itu ada empat toko lain.

Penangkapan AA di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, menjawab penasaran warga atas sumber pendapatan AA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com