Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2012, 16:32 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com -- KPU Kabupaten Cilacap, Jawa Barat, menetapkan pasangan calon bupati-calon wakil bupati Tatto Suwarto Pamuji - Ahkmad Edi Susanto sebagai pemenang pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Hasil rekapitulasi suara untuk 24 kecamatan pasangan tersebut mendapat 60,75 persen suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cilacap, Warsid mengatakan, berdasar hasil rekapitulasi itu pasangan Novita Wijayanti dan Mochamad Muslich memperoleh suara sejumlah 358.562 atau sebesar 39,25 persen, dan pasangan Tatto Suwarto Pamuji-Ahkmad Edi Susanto memperoleh suara 555.044 atau 60,75 persen. "Untuk itu, pilkada Cilacap hanya berlangsung satu putaran," ujar Warsid, Sabtu (15/9/2012).

Pasangan Tatto-Edi memperoleh kemenangan di 22 kecamatan dari 24 kecamatan di Cilacap. Kecamatan yang dimenangi pasangan Novita-Muslich adalah Sampang dan Maos.

KPU masih memberi kesempatan bagi pihak-pihak yang berkeberatan atas penetapan tersebut. Sesuai ketentuan undang-undang, ada waktu tiga hari setelah penetapan pasangan calon untuk menyampaikan gugatan melalui Mahkamah Konstitusi.

Tatto merupakan calon petahana yang saat ini masih menjabat bupati Cilacap. Sedangkan Novita adalah Ketua Komisi C DPRD Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com