Kamis, 27 November 2014

News / Regional

PILGUB SULSEL

Daftar ke KPU, Ilham-Azis Diantar Puluhan Ribu Orang

Sabtu, 15 September 2012 | 10:31 WIB

Terkait

MAKASSAR, KOMPAS.com — Pasangan bakal calon gubernur Sulawesi Selatan, Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar, yang dikenal dengan sebutan IA, diantar puluhan ribu orang di Makassar saat mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat (14/9/2012) kemarin.

Saat menuju ke kantor KPUD, tiba-tiba cuaca dari panas menjadi sejuk bahkan gerimis mengiringi perjalanan IA. Dengan cuaca tersebut, rombongan IA menganggap Tuhan merestui perjalanan mereka.

"Hari ini Allah memperlihatkan tanda-tanda kemenangan kita. Mendung lalu hujan, Allah menurunkan airnya. Air tanda kehidupan. Walau saat ini kemarau, tapi Tuhan kasih kita air, beri kita kehidupan. Insya Allah kehidupan akan lebih baik ke depan di bawah kepemimpinan kami," kata Ilham di sela-sela orasi politik di depan pendukungnya.

Setibanya di kantor KPU, IA bersama rombongannya termasuk petinggi 20 partai pengusung serta beberapa ustaz ternama di Makassar langsung menyerahkan berkas pendaftaran gubernur. Berkas yang diterima oleh Ketua KPUD Sulsel Jayadi Nas dan anggotanya.

"Semua data yang diserahkan oleh tiga pasangan calon yang mendaftar akan diverifikasi. Apalagi, saat ini banyak partai ganda yang mengusung pasangan calon. Tujuh hari setelah penyerahan berkas, kita akan umumkan soal ketidakcocokan dengan fakta. Jadi ada saatnya nanti pasangan calon akan memperbaiki kesalahan berkas saat pencalonan. Sementara ini, KPUD Sulsel masih menunggu pendaftar pasangan calon lainnya," kata Jayadi.

Sementara itu, dari berkas yang diserahkan ke KPUD Sulsel, pasangan IA dari Partai Demokrat ini diusung oleh 20 partai dengan perolehan suara 44,34 persen. Dari partai-partai pengusung IA, terdapat beberapa partai ganda yang mendukung juga pasangan lainnya, yakni Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) dan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garudana).

Seusai penyerahan berkas, IA yang hendak meninggalkan ruangan Kantor KPUD Sulsel tak lupa berdoa bersama yang dipimpin langsung Ustaz Rahman Qayyum. Turut serta dalam doa bersama itu Ketua KPUD Sulsel Jayadi Nas dan anggotanya.

Menurut Ilham, nakhoda yang memimpin Sulsel harus berlandaskan keagamaan. Mengenai partai pengusung, IA didukung oleh dewan pimpinan partai pusat dan wilayah. "Jadi tidak ada yang membelok, semua pada komitmen mendukung IA. Biarkan KPU verifikasi data kami," tandas Ilham, yang juga masih menjabat sebagai Wali Kota Makassar.

***

Berita terkait dapat diikuti dalam topik: "PILGUB SULSEL"


Penulis: Kontributor Makassar, Hendra Cipto
Editor : Glori K. Wadrianto