Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garin Ambil Formulir untuk Cawagub Jateng

Kompas.com - 07/09/2012, 12:45 WIB
Sri Rejeki

Penulis

SOLO, KOMPAS.com- Sineas Garin Nugroho mengaku rela menjadi 'Gareng' bagi calon Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih. Gareng adalah salah satu tokoh punakawan dalam cerita pewayangan.

Garin akan mengambil formulir pendaftaran calon wakil gubernur dalam penjaringan yang digelar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Rustriningsih yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jateng telah memutuskan untuk maju dalam bursa Pilkada Jateng 2013 meninggalkan Gubernur Jateng saat ini, Bibit Waluyo.

"Saya bersedia jadi Gareng untuk mengantarkan Srikandi Rustriningsih menjadi Gubernur. Kalau ternyata Rustri ada wakil yang lain yang akan dipilih, tidak masalah. Kalau ada calon gubernur lain yang mungkin lebih berpeluang menang dalam pilkada, saya tetap akan mendukung Rustriningsih karena tujuan saya memang tidak sekadar menjadi wakil gubernur," kata Garin di sela-sela pembukaan Konferensi Tahunan ke-30 Federation for Asian Cultural Promotion (FACP) di The Sunan Hotel, Solo, Jumat (7/9/2012).

Garin setengah berkelakar bahwa namanya kini menjadi Gareng Nugroho. Ini dilakukannya sebagai bentuk dukungan untuk memunculkan pemimpin yang baik.

Ia sudah mengamati dan menemukan bahwa Rustriningsih sejauh ini merupakan sosok pemimpin yang baik dari aspek ideologi maupun kinerja. Menurut Garin, kini saatnya orang harus berani menyatakan dukungannya pada pemimpin terbaik.

Jika tidak, Indonesia akan dikuasai oleh pemimpin yang tidak baik yang hanya akan memanfaatkan politik untuk politik atau untuk partai saja. "Kalau kita mendapat pemimpin terbaik, maka politik juga akan membawa manfaat untuk kesejahteraan, pendidikan, kebudayaan, dan lainnya," kata Garin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com