Minggu, 24 Agustus 2014

News / Regional

Di Semarang, 15 Perusahaan Telat Bayarkan THR

Rabu, 15 Agustus 2012 | 22:56 WIB

UNGARAN, KOMPAS.com - Lima belas perusahaan di Kabupaten Semarang masih belum menyerahkan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya. Sebagian besar di antaranya adalah perusahaan garmen berskala besar.

Mediator Hubungan Industrial Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Semarang Sri Prihatiningsih mengatakan, sesuai surat pernyataan yang diterimanya, 10 dari 15 perusahaan tersebut sudah menyetujui penyerahan THR pada Rabu (15/8/2012) hari ini. Adapun 5 perusahaan sisanya akan menyusul pada Kamis (16/8/2012) besok.

"Hingga saat ini kami belum menerima laporan apakah 10 perusahaan tersebut sudah menyerahkan apa belum. Besok kami juga akan menugaskan tim pemantau untuk melihat penyerrahan THR di 5 perusahaan lainnya," ungkap Sri.

Sesuai peraturan, pemberian THR wajib dilaksanakan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya. Namun, sejumlah perusahaan terpaksa molor dengan alasan menunggu pembayaran dari pembeli dan menyesuaikan dengan pencairan pesanan.

"Kami bisa memahami alasan perusahaan terlambat menyerahkan THR bagi karyawan. Yang penting karyawan harus menerima THR yang memang menjadi haknya pada peringatan hari besar keagamaan," ujarnya. Sri merasa optimistis seluruh perusahaan di Kabupaten Semarang akan menunaikan kewajiban membayarkan THR kepada karyawannya.


Penulis: Kontributor Ungaran, Syahrul Munir
Editor : Laksono Hari W