Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Semarang Musnahkan Ribuan Miras dan Petasan

Kompas.com - 10/08/2012, 19:25 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com -- Ribuan liter minuman keras jenis ciu dan ribuan botol miras berbagai merek, Jumat (10/8/2012) dimusnahkan oleh petugas di halaman Mapolres Semarang dengan menggunakan mobil penggilas. Pemusnahan miras hasil operasi Pekat Candi 2012 ini disaksikan sejumlah tokoh agama serta pejabat di lingkungan Kabupaten Semarang. Selain miras, turut dimusnahkan pula ribuan petasan dan bahan peledak.

Kapolres Semarang, AKBP IB Putra Narendra menjelaskan, dalam pelaksanaan Operasi Pekat Candi 2012 tersebut pihaknya berhasil menyita sebanyak 1.030 liter minuman keras (miras) jenis ciu dan 1.308 botol miras berbagai merek. Tujuan operasi tersebut, kata Narendra, untuk menekan angka kriminalitas dan untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan di masyarakat.

"Operasi Pekat Candi berhasil menekan 75 persen peredaran miras di Kabupaten Semarang," tutur Narendra.

Narendra menyatakan kepolisian serius dalam memberantas penyakit masyarakat, salah satunya miras. Pasalnya miras kerap menjadi pemicu berbagai aksi kejahatan. "Kejahatan dan tindak kriminal paling banyak berawal karena pelakunya terlebih dahulu mengonsumsi miras," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com