Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Emas di Jatim Semakin Diminati

Kompas.com - 02/08/2012, 20:30 WIB
Herpin Dewanto Putro

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Investasi logam mulia emas di pegadaian di Jawa Timur diminati masyarakat, terutama menjelang Ramadan dan Lebaran. Nilai penjualan emas di pegadaian pun semakin meningkat.

"Biasanya menjelang Lebaran ini, warga sudah mendapat tunjangan hari raya dan cukup memiliki uang untuk memulai investasi," kata Humas Perum Pegadaian Surabaya Adi Arijantoko, Kamis (2/8/2012) di Surabaya. Investasi emas juga diminati karena harga emas cenderung naik setiap tahun.

Adi mengatakan, realisasi penjualan emas di pegadaian di Jatim terus meningkat setiap tahun. Realisasi penjualan pada tahun 2010 sebesar Rp 64 miliar dan meningkat menjadi Rp 111,9 miliar pada tahun 2011. Sementara realisasi penjualan sejak Januari hingga Juni 2012 sebesar Rp 48 miliar.

Di outlet Pegadaian Kantor Cabang Dinoyo, Surabaya, misalnya, pada semester I 2012 sudah menjual 8,3 kilogram (kg) emas dengan nominal Rp 3,7 miliar. Pada bulan Juli 2012 saja sudah terjual 1,5 kg emas dengan nominal Rp 765 juta.

Logam mulia emas ini dijual oleh pegadaian dalam beberapa jenis mulai dari 5 gram hingga 1 kg. "Sebagian besar masyarakat membeli yang 10 gram sampai 50 gram karena harga lebih terjangkau," kata Adi. Harga emas 10 gram per Kamis ini dipatok sebesar Rp 5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com