Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Dengan Jerman, Indonesia Tekankan 5 Plus 3

Kompas.com - 09/07/2012, 09:44 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, mengatakan, Pemerintah Indonesia akan bekerja sama dengan Jerman dalam sejumlah sektor. Salah satunya adalah sektor transportasi.

"Kita menyiapkan bahan-bahan untuk pertemuan bilateral Bapak Presiden dengan Jerman. Masukan-masukan dari para menteri terkait terutama hubungan kita akan ditekankan untuk 5 plus 3 sektor," sebut Hatta, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (9/7/2012).

Ia menyebutkan lima plus tiga sektor itu adalah sektor perdagangan dan investasi; sektor kesehatan; sektor riset dan teknologi; sektor pendidikan; dan sektor pertahanan. "Kemudian plus 3 itu adalah food security, energy security, dan transportasi. Semua kerjasama ini akan ditekankan betul," sambung dia.

Selain itu, kata Hatta, ada juga kerja sama yang sifatnya swap. Indonesia akan mengirimkan, misalnya, 3.000 dosen ke Jerman. Dikatakannya, hal ini akan dikaitkan dengan debt swap.

Dalam hal perdagangan, ia menyebutkan, Indonesia menargetkan nilai perdagangan bilateral menjadi 12 miliar dollar AS pada tahun 2015. "Untuk investasi, kita mendorong yang selama ini baru rangking ke-14 ingin dinaikkan. Investasi kita tingkatkan," tuturnya.

"Kunjungan Jerman ini memiliki makna yang sangat tinggi karena beliau (Kanselir Jerman Angela Merkel) khusus datang ke Indonesia. Kita jangan kehilangan," pungkas Hatta.

Kanselir Jerman Angela Merkel akan datang melakukan lawatan ke Indonesia terhitung tanggal 9 sampai 10 Juli. Kedatangannya dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan Indonesia-Jerman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com