Sabtu, 1 November 2014

News / Regional

Kadis Pendidikan: Penerimaan Siswa Baru Bebas Biaya

Minggu, 24 Juni 2012 | 23:47 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan H Patabai Pabokori mengatakan, penerimaan siswa baru mulai jenjang pendidikan SD - SMA bebas biaya.

"Biaya pendaftaran siswa baru sudah termasuk dalam item program pendidikan gratis di Sulsel, sehingga orang tua atau wali siswa tidak dibebankan lagi biaya pendaftaran," kata Patabai di Makassar, Minggu (24/6/2012).

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, pihaknya sudah menyerukan seluruh kepala sekolah untuk mematuhi imbauan tersebut.

Namun apabila di lapangan masih ada pihak sekolah yang mengenakan biaya pendaftaran, dia mengatakan, pihaknya tidak segan-segan memberikan sanksi tegas.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tallo, Hj Julia mengatakan, sejak program pendidikan gratis digulirkan pada 2008, tidak pernah lagi ada biaya pendaftaran siswa baru.

"Semua pembiayaan pendidikan ditalangi dari anggaran pendidikan gratis dari APBD Sulsel dan Kota Makassar, juga ada dana BOS dari pemerintah pusat," katanya.

Menurut dia, pihak penyelenggara di tingkat sekolah menyiapkan formulir pendaftara secara gratis, demikian pula pada saat pengembalian formuliar dalam penerimaan siswa baru, tidak dikenakan biaya sepeser pun.

"Sehingga semua siswa baik dari kalangan ekonomi lemah hingga yang mampu dapat mendaftar tanpa terbebani biaya masuk," katanya.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: