Bupati Akui 1 Warga Tewas dan 37 Rumah Terbakar - Kompas.com

Bupati Akui 1 Warga Tewas dan 37 Rumah Terbakar

Kompas.com - 08/06/2012, 08:52 WIB

WAMENA, KOMPAS.com — Bupati Jayawijaya Jhon Wetipo membenarkan adanya penembakan oleh militer terhadap warga sipil di wilayahnya pada Rabu (6/6/2102) malam.

Tentara, kata Wetipo, menembak mati satu orang dan melukai 17 orang lainnya. Satu orang dari 17 yang terluka kini dalam kondisi kritis. Wetipo menambahkan, setidaknya 37 rumah terbakar dalam peristiwa itu. Namun, kondisi itu berlangsung normal pada Kamis (7/6/2012) pagi.

Diberitakan sebelumnya, satu orang tewas dan 17 lainnya terluka setelah tentara Indonesia menembaki warga sipil pascaperselisihan yang dipicu sebuah kecelakaan lalu lintas di Papua, seperti dikutip AFP, Kamis (7/6/2012).

Penembakan itu terjadi pada Rabu (6/6/2012) malam setelah warga menusuk seorang tentara dan melukai satu tentara lainnya di Wamena. Warga setempat marah kepada dua anggota militer itu karena menabrak seorang anak.

"Menyusul kecelakaan lalu lintas itu, tentara dari sebuah pos militer setempat datang dengan dua truk dan membalas dengan menembaki warga sekitar dan membakar sejumlah rumah," kata Kadiv Humas Polri Irjen Saud Usman Nasution.

"Kejadian itu menyebar hingga ke pusat kota, di mana sejumlah toko dan rumah juga terkena tembakan," kata Saud Usman kepada AFP.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorKistyarini