Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Pariwisata Indonesia Terus Dikembangkan

Kompas.com - 04/06/2012, 15:34 WIB
Helena Fransisca Nababan

Penulis

SAWAHLUNTO, KOMPAS.com - Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus menggali potensi wisata Indonesia. Salah satu potensi yang akan dikembangkan adalah potensi pariwisata yang digabungkan dengan olahraga atau dikenal dengan sport-tourism.            

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Senin (4/6) usai membuka etape I Tour de Singkarak 2012 di Sawahlunto, Sumatera Barat mengatakan, selain balap sepeda yang sudah berjalan empat tahun ini di Sumatera Barat, ada jenis olahraga yang juga bisa dipadukan dengan pariwisata. Yaitu golf, selancar, dan menyelam.            

"Perpaduan olahraga dan pariwisata setidaknya akan memasukkan lebih banyak wisatawan asing dan juga devisa," ujar Mari elka.

Ia menyontohkan, Thailand pada tahun-tahun terakhir ini mengembangkan golf sebagai tujuan wisata. Dari perpaduan golf dan pariwisata setidaknya Thailand menerima devisa cukup tinggi.   Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, untuk perpaduan selancar dan menyelam, Indonesia memiliki sejumlah wilayah bagus. Itu bisa dimanfaatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com