Kamis, 18 September 2014

News / Regional

Lingkungan

Balikpapan Diterjang Banjir

Kamis, 24 Mei 2012 | 09:55 WIB

Terkait

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur sejak Kamis (24/5/2012) pukul 03.00 Wita menyebabkan banjir di sebagian kawasan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Banjir kali ini, menurut warga, lebih tinggi genangan airnya. Berdasarkan pantauan Kompas, kawasan yang dilanda banjir, antara lain, adalah Balikpapan Baru, Jalan A Yani, Gunung Guntur, Gunung Pasir, Batakan, dan beberapa titik di Jalan MT Haryono.

Banjir kali ini lebih tinggi. Hal itu ditandai dengan ikut tergenangnya kawasan Balikpapan Baru. Ketinggian air di ruas jalan utama Balikpapan Baru ada yang mencapai sekitar 50 sentimeter. "Padahal, Balikpapan Baru belum pernah tergenang," ujar Rita, warga Balikpapan Baru.

Anton, petugas keamanan Kompleks Meditarania, Balikpapan Baru, membenarkan hal itu. "Ini paling tinggi," katanya. Imbasnya, lalu lintas di Balikpapan Baru macet. Mobil dan motor terjebak dan berhenti di pinggir jalan. Sejumlah pengendara motor yang nekat akhirnya terpaksa menuntun motor mereka. Wilayah yang juga tergenang banjir adalah Gunung Guntur. "Air sudah masuk rumah setinggi mata kaki. Jalan di kampung, airnya setinggi lutut," kata Syahrul, warga Gunung Guntur.


Penulis: Lukas Adi Prasetya
Editor : Agnes Swetta Pandia