Jumat, 25 Juli 2014

News / Regional

Infrastruktur

Jalan Pantura Rusak Lagi

Sabtu, 19 Mei 2012 | 08:52 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kondisi jalan raya pantai utara bagian barat di Jawa Tengah, mulai Brebes - Tegal - Pemalang - Pekalongan dikeluhkan para pengguna jalan dari Jakarta ke Semarang karena banyak yang rusak.

Kuncoro, warga Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Sabtu (19/5/2012) yang tiba di Semarang mengemukakan, kondisi jalan pantura bagin barat sudah tidak nyaman. Jalan banyak yang berlubang, di Kota Brebes malah jalan di atas jembatan Pemali terdapat ruas jalan rusak hanya ditutupi plat baja.

"Sambungan antar plat baja itu lepas, sehingga tepi plat ada yang terangkat membahayakan ban mobil yang melintas. Kalau dalam kecepatan tinggi, ban mobil bisa pecah terantuk tepian plat baja," ujar Kuncoro.

Di Kota Tegal gerutama di sepanjang Jalan Yos Sudarso seputaran dekat kantor Mapolresta Tegal, jalan seperti papan dakon. Di samping banyak lubang kedalaman rata-rata 15 sentimeter, juga jalan bergelombang.

Sedangkan di ruas jalan Pemalang - Pekalongan lintas Comal juga sejumlah lubang jalan belum juga diberesi. Mestinya, jalan yang rusak kemungkinan akibat musim hujan kali ini segera mendapatkan perhatian dari instansi pekerjaan umum setempat.

Pengguna jalan lain dari Bogor yang mudik ke Semarang, Wardoyo mengatakan, kerusakan jalan pantura kini jadi tantangan bagi aparat yang bertanggungjawab atas perawatan jalan.

Perbaikan jalan rusak harus segera karena dua bulan lagi, jalan pantura akan menjadi jalur mudik masyarakat menjelang perayaan Idhul Fitri 2012. Jika perencanaan perbaikan jalan cermat, tentunya kala mudik harapan masyarakat jalan sudah mulus.

 


Penulis: Winarto Herusansono
Editor : Dedi Muhtadi