Selasa, 21 Oktober 2014

News / Regional

Museum Bengkulu

Bertahun-tahun Koleksi Museum Bengkulu Tidak Bertambah

Jumat, 4 Mei 2012 | 10:45 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com — Sudah lebih dari lima tahun Museum Negeri Bengkulu tidak pernah menambah koleksinya. Penyebab utamanya adalah tidak adanya anggaran untuk mencari dan membeli koleksi benda bersejarah.

Demikian disampaikan Kepala Museum Negeri Bengkulu Miznan, Jumat (4/5/2012). "Anggaran untuk menambah koleksi selalu kami usulkan, tetapi sampai sekarang tidak pernah disetujui," kata Miznan. Bahkan, lanjut Miznan, jangankan anggaran penambahan koleksi, dana untuk pemeliharaan barang-barang koleksi museum saja baru tahun ini dianggarkan.

Padahal, kebutuhan dana untuk memelihara koleksi museum sangat tinggi karena usia barang-barang yang disimpan di museum sudah tua dan perlu pemeliharaan serius. Misalnya, naskah Ulu yang terbuat kulit kayu, kertas, dan bilah bambu.

Saat ini, Museum Negeri Bengkulu memiliki 6.151 koleksi, yang di antaranya terdiri dari koleksi etnografika (2.988 buah), keramologika (1.901 buah), numismatika (911 buah), filologika (138 buah), arkeologika (90 buah), historika (42 buah), dan teknologika (15 buah).


Penulis: Adhitya Ramadhan
Editor : Marcus Suprihadi