Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Yogya Ikut Demo Hari Buruh

Kompas.com - 01/05/2012, 10:57 WIB
Sutarmi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aksi Solidaritas Mahasiswa Universitas Gajah Mada bergabung dengan Aliansi Masyarakat Yogyakarta menyerukan seluruh buruh di Indonesia untuk memperjuangkan penolakan sistem outsourcing dan mendapat upah yang layak.

Koordinator Forum Strategi Aliansi Masyarakat Yogyakarta Ahmad Rizky mengatakan, buruh di Indonesia tidak berdaulat. "Ketidakberdaulatan buruh mencerminkan ketidakberdaulatan Indonesia di bidang lain seperti energi, pangan, kesehatan, dan ilmu," kata Rizky di Gedung DPRD Yogyakarta, dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia, Selasa (1/5/2012).

Menurut Rizky, kekuatan negara tunduk pada kekuatan modal, tercermin dari skema liberalisme yang dilakukan di Indonesia sejak 1999. Para buruh masih berada di bawah bayang-bayang outsourcing yang memerangkap buruh pada lingkaran kemiskinan. "Kami menyerukan kepada kaum buruh terus memperjuangkan haknya untuk mendapatkan upah yang layak, menolak bentuk outsourcing, berserikat serta penegasan atas jaminan sosial yang menjadi hak pekerja," kata Rizky. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com