Sabtu, 19 April 2014

News / Regional

Bali Siapkan 2.300 TKI untuk Kapal Pesiar

Kamis, 19 April 2012 | 20:07 WIB

Baca juga

DENPASAR, KOMPAS.com - Minat tenaga kerja di Bali pada sektor pariwisata terus meningkat dari tahun ke tahun. Sektor pariwisata dinilai sangat menjanjikan bagi para pencari kerja di Bali khususnya kapal pesiar.

"Tahun lalu saja, telah diberangkatkan sebanyak 2.117 orang dengan rata-rata masa kontrak selama sembilan bulan," ujar Direktur Utama Sekolah Tinggi Pariwisata Balindo Paradiso, Wayan Kawan Setiawan di sela-sela melepas 244 TKI yang akan bekerja di kapal pesiar MSC Divina, Perancis, di Denpasar, Kamis (19/4/2012).

Untuk tahun ini Pemerintah Provinsi Bali menargetkan akan mengirim 2.300 TKI ke kapal pesiar. "Mereka akan menempati berbagai macam posisi di kapal pesiar itu, mulai dari level manajer, asisten manajer, pelayan restoran, bartender, tukang masak dan sebagainya," jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja Bali, Wayan Wiratha siang tadi.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika berharap para TKI ini dapat bekerja dengan profesional sehingga membawa citra positif Bali di dunia kerja internasional.

"Saya minta kalian bisa menjaga nama baik Bali dan bangsa. Yang tak kalah penting kalian nanti harus pulang dengan berhasil," ucap Pastika.

Ke-2300 TKI ini akan dikirim ke berbagai kapal pesiar yang tersebar di beberapa Negara di antaranya Eropa, Amerika, dan Asia.


Penulis: Muhammad Hasanudin
Editor : Tri Wahono