Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTP Elektronik Terhambat Listrik Padam

Kompas.com - 14/04/2012, 17:04 WIB
Amanda Putri Nugrahanti

Penulis

BOYOLALI, KOMPAS.com — Pembuatan kartu tanda penduduk elektronik di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, terhambat pemadaman listrik bergilir. Akibatnya, target penyelesaian pembuatan e-KTP itu terancam molor.

Sekretaris Camat Selo Supana mengemukakan, dua pekan terakhir, sejak dimulainya program e-KTP, daerahnya sudah tiga kali mengalami pemadaman listrik bergilir. Pemadaman terjadi sejak pagi hingga sore sehingga pelayanan pembuatan e-KTP terhambat dan terancam mulur dari rencana awal.

"Dengan kondisi normal, pembuatan e-KTP untuk 21.578 wajib KTP di kecamatan ini seharusnya selesai pada 1 Agustus 2012. Jika listrik sering padam, otomatis tenggat itu akan terlampaui," kata Supana, Sabtu (14/4/2012).

Salah seorang petugas pembuatan e-KTP, Wakhid, mengatakan, sebelum pemadaman, PLN memberi tahu pihak kecamatan. Saat itu juga kecamatan segera memberi tahu warga yang mendapat giliran untuk tidak datang ke kecamatan pada hari itu.

Kecamatan yang terdiri dari 10 desa itu berada di lereng Gunung Merapi. Dengan demikian, warga yang tinggal di desa yang jauh dari kantor kecamatan harus dimobilisasi untuk pembuatan e-KTP.

Pada Sabtu pagi, misalnya, petugas kecamatan menunggu warga dari Desa Tlogolele yang letaknya paling dekat dengan puncak Merapi. Mereka datang agak siang karena harus menempuh jalan lebih jauh, setelah banyak jembatan rusak diterjang lahar dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com