Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Pemanjat ITB Berhasil Lepaskan Filon Jalan Layang Pasupati

Kompas.com - 06/04/2012, 13:54 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAs.com -  Dua pemanjat dari pecinta alam ITB, berhasil melepaskan satu plat alumunium (filon) berukuran 2 meter kali 2,5 meter, yang menempel di tiang beton penyangga puncak Jalan Layang Pasteur Surapati (Pasupati), Kota Bandung, yang nyaris terlepas.

"Tadi berhasil dicopot filonnya, dan yang berhasil menurunkan filon tersebut ialah teman-teman pecinta alam dari ITB," kata PPK Satuan Kerja Preservasi dan Pembangunan Jalan Wilayah Bandung-Cileunyi-Jatinangor, Indra Maha, ketika dihubungi melalui telepon, Jumat (6/4/2012).

Sebelumnya, beredar isu bahwa kerusakan pada tiang Pasupati itu mengancam konstruksi jalan layang tersebut.

Menurut Indra, filon yang terlepas itu sebenarnya pemanis dari tiang penyangga jalan layang tersebut. Kerusakan pada filon itu tidak akan membuat ambruk jembatan itu.

Indra mengatakan, pihaknya sempat mengalami kesulitan saat melakukan perbaikan filon  tersebut. karena terkendala faktor cuaca dan ketinggian. "Kesulitan hampir sama seperti kemarin cuaca ya, terlebih anginnya cukup kencang," katanya.

Rencananya, kata Indra, usai melepaskan filon tersebut pihaknya akan melaporkan hal tersebut ke pusat apakah nantinya akan dipasang lagi atau tidak.

Sebelumnya, ungkap Indra, petugas juga sempat memperbaiki filon tersebut, tetapi karena cuaca hujan disertai angin kencang menyulitkan petugas sehingga perbaikan dilanjutkan hari ini.

Ia mengatakan, untuk memperlancar arus lalu lintas di Jalan Layang Pasupati tersebut, beberapa orang petugas sibuk mengatur lalu lintas.

Menurut Indra, perbaikan itu menarik perhatian para pengendara terutama dari arah Lapangan Gasibu menuju Jalan Pasteur, namun tidak sampai mengganggu kelancaran arus lalu lintas di jalan layang yang menjadi ikon Kota Bandung tersebut.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com