Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa: BBM Naik? Alhamdulillah Hidup Makin Susah

Kompas.com - 29/03/2012, 13:05 WIB
Harry Susilo

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Puluhan mahasiswa IAIN Sunan Ampel di Surabaya, Jawa Timur, kembali berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di depan Gedung Grahadi, Kamis (29/3/2012). Mereka menilai kebijakan ini merupakan akal-akalan penguasa sebelum pemilu.

Dalam salah satu poster yang dibawa mahasiswa tertera "Harga BBM Naik Alhamdulillah Hidupku Semakin Susah". Poster lainnya tertulis BBM Naik, SBY Turun.

"Pemerintah seolah bersandiwara dalam permainan harga BBM," ujar Amar Suteja, koordinator aksi.

Saat berunjuk rasa, puluhan polisi tampak sudah berjaga di depan Gedung Grahadi. Kawat berduri juga disiapkan untuk menghadang pengunjuk rasa yang hendak memasuki Grahadi.

Pengunjuk rasa menilai, alasan pemerintah menaikkan harga BBM untuk menyelamatkan anggaran tidaklah tepat. Pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan lain, seperti menasionalisasi aset-aset negara dan menekan kebocoran anggaran.

"Ini bukti kegagalan pemerintah dalam menyejahterakan rakyat," ucap salah satu pengunjuk rasa. Selain soal harga BBM, mahasiswa juga menuntut agar biaya pendidikan digratiskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com