Sabtu, 1 November 2014

News / Regional

Demo di Makassar Rusuh, 1 Mobil Dibakar

Rabu, 21 Maret 2012 | 15:44 WIB

Terkait

MAKASSAR, KOMPAS.com — Aksi unjuk rasa yang menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak di Kota Makassar, Rabu (21/3/2012), berlangsung panas. Mahasiswa gabungan membakar sebuah mobil di Pintu 1 Universitas Hasanuddin (Unhas) di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Saat berita ini diturunkan, mahasiswa terlibat bentrokan dengan aparat kepolisian yang bergabung dengan masyarakat. Aksi saling lempar di pintu gerbang kampus merah pun tak terhindarkan. Bahkan, mahasiswa terus saja melakukan perlawanan dengan bersenjatakan batu, anak panah, dan senjata tajam lainnya.

Awalnya mahasiswa melakukan demonstrasi di depan pintu masuk Unhas dan membakar sebuah mobil boks perusahaan PT Cocacola dengan nomor polisi DD 9932 OJ. Aparat kepolisian pun datang mengamankan aksi mahasiswa dengan menerjunkan dua mobil watercanon dan satu unit security barrier. Namun, polisi mendapat lemparan dari mahasiswa.

Setelah berjam-jam mahasiswa melakukan aksinya yang melumpuhkan arus kendaraan di jalan Trans-Sulawesi ini, warga yang kesal lalu melakukan perlawanan dengan melempari mahasiswa hingga masuk ke dalam kampus. Aksi saling lempar pun masih berlangsung dengan diguyur hujan deras sekitar tiga jam.


Penulis: Hendra Cipto
Editor : Glori K. Wadrianto