Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Angkutan Umum Paling Tinggi Naik 25 Persen

Kompas.com - 16/03/2012, 19:24 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang akan dilakukan awal April ini berdampak tidak langsung pada kenaikan tarif angkutan umum. Diperhitungkan akan terjadi kenaikan tarif angkutan umum sekitar 15-25 persen lantaran kenaikan harga BBM ini.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, mengatakan bahwa kenaikan tarif angkutan umum maksimal sekitar 25 persen. Namun, ia mengakui bahwa ada beberapa pihak yang meminta kenaikan lebih tinggi daripada perkiraan yang telah dihitung.

"Kenaikan tarif angkutan umum berkisar sekitar 15-25 persen. Ada pihak yang minta lebih tinggi, tapi akan kami perhitungkan lagi," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, saat jumpa pers di Balaikota, Jakarta, Jumat (16/3/2012).

Dampak tidak langsung ini memang tidak dihindarkan mengingat berjalannya angkutan umum ini bergantung pada ketersediaan BBM.

Pada April mendatang, BBM bersubsidi diwacanakan akan naik sebesar Rp 1.500. Kendati demikian, beberapa angkutan umum di wilayah Jakarta sudah mulai menarik ongkos dari penumpang dengan tarif yang naik sekitar Rp 500.

Foke menjamin selama dua hingga tiga bulan ke depan, kondisi ekonomi akan mulai stabil kembali. "Kami memperhitungkan bahwa fluktuasi harga itu kurang lebih dua hingga tiga bulan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com