Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Peras Aktor Hollywood, Petugas Imigrasi Bali Diperiksa

Kompas.com - 07/03/2012, 15:37 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Kantor Imigrasi Kemenkum HAM Bali memeriksa RE (28), seorang petugas Imigrasi Bandara Ngurah Rai yang diduga memeras Aktor Hollywood, Taylor Kitsch, awal Februari lalu. Dugaan pemerasan ini baru diketahui setelah Taylor Kitsch membeberkannya di sebuah acara talk show televisi AS.

Dalam acara tersebut, Taylor mengatakan, telah diperas oleh petugas imigrasi Indonesia saat akan syuting di Nusa Tenggara Timur. Kepala Divisi Imigrasi Kanwil KemenkumHAM Bali, Ida Bagus Komang Adnyana mengatakan, oknum petugas tersebut kini sedang menjalani pemeriksaan oleh inspektorat keimigrasian.

"Orang ini diperiksa tim inspektorat langsung ke Ngurah Rai. Tim sedang bekerja, yang bersangkutan dipindahkan ke Mabes Imigrasi (Bali), " jelas Adnyana. Kini RE dipindahtugaskan sementara dari fungsinya untuk mempermudah pemeriksaan.

Dari informasi yang diterima Adnyana, pada 1 Februari lalu, RE yang bertugas di bagian pemeriksaan Bandara Ngurah Rai bertemu dengan aktor kelahiran Kanada tersebut. Saat itu RE melihat passpor Taylor sudah penuh, dan bingung mau dicap di bagian mana.

Sesuai aturan jika paspor sudah penuh dengan cap, maka harus diganti di Negara yang bersangkutan. RE kemudian mewawancarai Taylor dan menanyakan sejumlah pertanyaan diantaranya tujuannya apa datang ke Bali. Dalam proses wawancara ini kemudian ditengarai terjadi tindakan yang dianggap pemerasan.

Sejauh ini pemeriksaan masih berlanjut dan Adnyana masih menunggu hasil pemeriksaan untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com