Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keturunan HB III Adukan Adik Sultan HB X ke Polisi

Kompas.com - 06/03/2012, 02:55 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS - Kerabat Keraton Yogyakarta Adjie Koesoemo, yang merupakan keturunan Sultan Hamengku Buwono III, mengadukan putra almarhum Sultan Hamengku Buwono IX, Gusti Bendara Pangeran Haryo Joyokusumo, ke Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (5/3).

Joyokusumo, yang juga adik Sultan Hamengku Buwono (HB) X, dituduh mencemarkan nama baik Adjie Koesoemo. Joyokusumo dituduh menyebut nama Adjie sebagai satu di antara tiga kerabat keraton yang menerbitkan serat kekancingan (surat keputusan) tanah Sultan Ground dan Paku Alam Ground.

Hak pengelolaan

Dalam sebuah koran lokal edisi 1 Maret 2012 dan 3 Maret 2012, Adjie disebut sebagai salah seorang kerabat keraton yang layak diwaspadai terkait penerbitan serat kekancingan yang mengatur hak-hak pengelolaan tanah Keraton dan Paku Alam. Dua kerabat keraton lain yang turut disebut adalah RM Triyanto Prastowo dan Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Hadisuryo.

Menurut Adjie, namanya disebut-sebut GBPH Joyokusumo sebagai salah seorang kerabat keraton yang mengeluarkan serat kekancingan di luar lembaga resmi Keraton, Kawedanan Hageng Panitikismo, dalam acara sosialisasi tanah Sultan Ground dan Paku Alam Ground di Kulon Progo.

”Saya tidak mengeluarkan serat kekancingan. Itu tidak benar. Bukan kapasitas saya untuk mengeluarkan serat kekancingan,” ucap Adjie.

Adjie mengakui, selama ini ia giat membela hak-hak warga pesisir Kabupaten Kulon Progo, terutama terkait rencana pengembangan proyek pasir besi. Beberapa tahun lalu, Adjie juga giat membela hak-hak warga terkait proyek Waduk Kedungombo.

Menanggapi laporan tersebut, GBPH Joyokusumo menolak berkomentar. ”Saya tidak akan menanggapinya. Biarkan saja (saya) dilaporkan,” kata Joyokusumo.

Menanggapi hal ini, Sultan HB X secara terpisah mengatakan, ada beberapa kerabat keraton yang sengaja membuat kop surat sendiri untuk serat kekancingan tidak resmi.

Sementara itu, tim hukum Keraton Yogyakarta telah melakukan sosialisasi kepada warga di Kabupaten Kulon Progo. (ABK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com