Sabtu, 1 November 2014

News / Regional

Flu Burung

Seorang "Suspect" Dirujuk ke RSSA Malang

Sabtu, 18 Februari 2012 | 13:39 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com - Seorang suspect atau terduga flu burung berinisial P (52), Sabtu (18/2/2012) dirujuk ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang dari RSUD Dr R Soedarsono Kota Pasuruan. Adapun empat suspect flu burung lainnya tidak dirujuk ke rumah sakit dan hanya menjalani pemantauan di rumah masing-masing karena kondisinya sehat.

"Pasien ini akan dirujuk ke RSSA Malang karena di rumah sakit kami tidak ada fasilitas penanganan flu burung," ujar direktur RSUD Dr R Soedarsono Kota Pasuruan, dr Rusdianto.

P bersama empat suspect flu burung lain asal Desa Petamanan Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan sebelumnya dirawat di rumah masing-masing. "Namun karena kondisinya menurun, maka akhirnya pada Sabtu pagi pukul 09.00 WIB, P dirujuk UGD ke RSUD Dr R Soedarsono untuk dirawat lebih lanjut. Namun setelah ini P akan kami berangkatkan ke RSSA Malang yang memiliki fasilitas penanganan flu burung lebih lengkap," imbuh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, Sugeng Winarto.

Sebelumnya, di Kota Pasuruan diketahui ada lima pasiean suspect flu burung. Mereka adalah pemilik ternak ayam yang ayamnya mati mendadak, atau orang yang sering kontak dengan ayam-ayam tersebut. Hasil tes terhadap feses ayam, menunjukkan ayam yang mati tersebut positif flu burung. Saat ini, kelimanya telah menjalani tes usapan tenggorokan atau SWAP.


Penulis: Dahlia Irawati
Editor : Asep Candra