Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesisir Sungai Mampie Jadi Suaka Margasatwa

Kompas.com - 17/02/2012, 15:54 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menetapkan kawasan Sungai Mampie sebagai kawasan suaka margasatwa dengan tujuan melindungi aneka satwa langka dan burung cantik dari aksi berburuan liar yang biasa terjadi di Desa Mampie, Kecamatan Mapili, tersebut.

Pemerintah daerah akan menggerakkan aksi tanam pohon di kawasan tersebut untuk melindungi habitat satwa-satwa yang tidak dijumpai di wilayah lain di Indonesia tersebut. Dengan demikian, hewan-hewan itu menjadi bisa berkembang biak dengan baik. Hewan-hewan yang sering ditemui di sepanjang pesisir Sungai Mampie antara lain biawak raksasa dan berbagai jenis burung termasuk bangau putih dan hitam.

Kepala Dinas Pariwisata Polewali Mandar Darwin Badaruddin mengatakan, Jumat (17/2/2012), kawasan sepanjang pesisi Sungai Mampie kini semakin menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Turis-turis tersebut mengaku ingin menyaksikan keunikan berbagai jenis satwa yang hidup di wilayah itu.

Darwin juga meminta warga agar menghentikan praktik perburuan satwa liar yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun itu. "Kita semua berkewajiban melindungi dan memelihara aneka satwa langka tersebut agar terhindar dari kepunahan," ujar Darwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com