Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Besar, Pantai Kuta Ditutup

Kompas.com - 26/01/2012, 16:04 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

KUTA, KOMPAS.com - Angin kencang dan tingginya gelombang di sekitar laut Bali dalam dua hari terakhir, selain mengganggu aktivitas penyeberangan di sejumlah pelabuhan, juga berdampak pada dunia pariwisata. Pantai Kuta yang merupakan ikon pariwisata Bali ditutup untuk aktivitas di dalam air, Kamis (26/01/2012) pagi hingga siang tadi, karena ketinggian gelombang mencapai 3 meter.

Bahkan, gelombang pasang sempat meluap hingga sekitar 50 meter dari bibir pantai dan mendekati jalan raya. Karena sudah membahayakan wisatawan, pengelola pantai memutuskan untuk memberlakukan larangan berenang, dan mendekati pantai. "Untuk sementara, wisatawan kita larang beraktivitas di pantai, baik mandi, berenang maupun berselancar," ujar Ketua Satgas Pantai Kuta, I Gusti Ngurah Tresna, siang tadi.

Dalam rangka menyosialisasikan larangan ini, petugas satgas pantai Kuta dibantu Balawista memasang bendera merah bergambar tengkorak di sepanjang garis pantai dan memberi pengumuman secara lisan melalui alat pengeras suara.

Sarah Puspita, salah seorang wisatawan asal Jakarta yang mendengar larangan tersebut akhirnya kembali ke hotel demi keselamatannya."Saat masuk ke pantai, petugas pantai mengumumkan ada gelombang pasang. Air laut juga sangat keruh dan angin kencang sekali seperti badai," kata Sarah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com