Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 UMKM di Tegal Ikuti Pameran

Kompas.com - 16/12/2011, 15:07 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com- Sekitar 100 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Tegal, Jawa Tengah, mengikuti UMKM Expo 2011 Kota Tegal, yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Tegal, mulai Jumat (16/12/2011) ini hingga Minggu lusa.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Kota Tegal dengan PT HM Sampoerna Tbk. UMKM Expo 2011, sebagai upaya menyongsong program Tegal Bisnis 2012.

Wali Kota Tegal Ikmal Jaya mengatakan, pameran atau expo dimaksudkan sebagai ajang promosi aneka produk daerah, upaya memperluas jaringan produk, dan mendorong peningkatan mutu produk daerah.

Selama ini, Kota Tegal memiliki banyak UMKM yang potensial. Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tegal, terdapat sekitar 300 UMKM yang potensial untuk dikembangkan.

Berbagai produk yang dihasilkan UMKM Kota Tegal, antara lain aneka produk logam, sarung tenun, Batik Tegalan, telur asin, terasi, kerupuk ikan, nughet, shuttlecock (bola bulu tangkis), dan kerajinan lain. Bahkan menurut Ikmal, sarung dan bola bulu tangkis dari Tegal telah diekspor ke luar negeri. "Pemerintah juga mendampingi UMKM, agar bisa masuk ke pasar moderen," katanya.

Head of Stakeholders & Regional Relations PT HM Sampoerna Tbk, Henny Susanto mengatakan, UMKM Expo 2012 di Kota Tegal merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Sampoerna dalam memberdayakan UMKM.

UMKM Expo tersebut merupakan sarana pembekalan bagi para pelaku usaha, dan bertujuan untuk menciptakan iklim usaha lintas sektor yang kondusif, maju, dan berdaya saing tinggi.

Selain pameran, juga akan diselenggarakan berbagai kegiatan lain, seperti business forum, workshop, pengembangan kapasitas pelaku UMKM, pagelaran musik, great sales, dan fun games.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com