Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas HAM: Tak Ada Keterlibatan Polisi

Kompas.com - 15/12/2011, 12:12 WIB
Irene Sarwindaningrum

Penulis

KOMPAS.com — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia pernah menurunkan tim investigasi dalam bentrokan antara karyawan PT Sumber Wangi Alam dan warga di Desa Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, yang antara lain berupa pemenggalan kepala salah satu asisten kebun pada April lalu.

Tim diturunkan pada April 2011, dipimpin Wakil Ketua Komnas HAM Nur Kholis. Penyelidikan salah satunya mencari kemungkinan ada dugaan pelanggaran HAM dalam kasus yang menewaskan tujuh orang, terdiri atas dua warga desa dan lima orang dari pihak perusahaan perkebunan PT Sumber Wangi Alam (PT SWA).

Mereka juga menggelar pertemuan dengan bupati dan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, serta Kepolisian Daerah Sumatera Selatan. Tim investigasi meninjau lapangan dan menggali data dari berbagai sumber pada 26-28 April lalu.

Hasil investigasi ketika itu menyebutkan, ada pelanggaran HAM berat karena tujuh orang tewas. Namun, tak ada bukti indikasi keterlibatan polisi.

Dalam kesempatan itu, Nur Kholis mengatakan, berbagai konflik lahan yang berujung pada kekerasan dipicu kebijakan perkebunan yang belum punya perspektif HAM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com