Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelayan Tegal Gelar Pawai Ancak 1.000 Orang

Kompas.com - 12/12/2011, 09:27 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com- Nelayan di wilayah Kota Tegal, Jawa Tengah akan menggelar pawai ancak 1.000 orang, siang ini, Senin (12/12/2011) sekitar pukul 13.00. Kegiatan tersebut mengawali acara sedekah laut, yang akan diselenggarakan, Selasa besok.

Dalam pawai tersebut, sedikitnya 1.000 nelayan akan berpawai, dengan mengusung ancak berisi kepala kerbau dan aneka hasil bumi. Mereka akan berkeliling Kota Tegal, mulai dari kawasan nelayan di Jalan Brawijaya hingga Pendopo Ki Gede Sebayu, di kompleks Balai Kota Tegal.

Ketua Panitia Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal Hadi Santoso mengatakan, ancak yang diusung dalam pawai akan dilarung ke laut, bersamaan dengan acara sedekah laut. Kegiatan itu sebagai wujud syukur nelayan Kota Tegal terhadap Tuhan, yang telah melimpahkan hasil tangkapan ikan kepada mereka.

Pawai ancak dan sedekah laut, lanjutnya, akan diikuti nelayan dari berbagai jenis kapal, antara lain nelayan kapal purseseine, kapal gilnet, kapal cantrang, dan kapal sopek (perahu tradisional). Jumlah nelayan di Kota Tegal secara keseluruhan sekitar 10.000 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com