Jumat, 28 November 2014

News / Regional

Hari AIDS

Banyumas Peringkat Ketiga HIV/AIDS di Jateng

Kamis, 1 Desember 2011 | 12:22 WIB

Terkait

PURWOKERTO, KOMPAS.com Kabupaten Banyumas menempati peringkat ketiga dengan angka HIV/AIDS tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Tingginya angka tersebut didominasi ibu rumah tangga.

Penanggung jawab Klinik VCT RS Margono Purwokerto, Dewi Nilamsari, Kamis (1/12/2011), mengatakan, angka penderita HIV di Banyumas tercatat 261 orang dan AIDS sebanyak 80 orang. Sementara Kota Semarang berada di peringkat pertama dengan jumlah penderita AIDS 195 orang, dan 769 terjangkit HIV. Kota Solo tercatat 110 jiwa penderita AIDS dan 320 orang terjangkit HIV.

Jateng berada di peringkat keenam penderita HIV/AIDS terbanyak. Adapun di Banyumas, penderita HIV/AIDS didominasi remaja dan orang muda usia 25-34 tahun.

Menurut Dewi, untuk di Banyumas, persentase penderita laki-laki dan perempuan seimbang. "Untuk latar belakang, yang harus diwaspadai adalah ibu rumah tangga karena setiap tahun terus meningkat. Penularan kepada pekerja seks komersial berada di peringkat keempat," tuturnya di sela-sela Seminar HIV/AIDS di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.


Penulis: Gregorius Magnus Finesso
Editor : Marcus Suprihadi