Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Bitung Terima DAK Pendidikan Rp 9 Miliar

Kompas.com - 30/11/2011, 19:23 WIB

BITUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bitung, Sulawesi Utara, mendapatkan dana alokasi khusus pendidikan senilai Rp 9 miliar lebih dari pemerintah pusat pada 2012.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Bitung Herman Rompis di Bitung, Rabu, mengatakan, total anggaran DAK bagi Dinas Dikpora Bitung senilai Rp 9.853.890.000.

"Hampir Rp 10 miliar total anggaran yang diberikan pemerintah pusat bagi Dinas Pendidikan dan Olahraga Bitung," ujar Rompis.

Rompis mengatakan, total anggaran tersebut untuk kategori pendidikan setara SD dan SMP. Rincian anggaran untuk SMP senilai Rp 2.257.910.000, sedangkan SD berjumlah Rp 7.596.980.000.

DAK tersebut, kata Rompis, akan direalisasikan pada Februari 2012. "DAK 2012 ini pemanfaatannya sudah swakelola, di mana baik kepala sekolah, komite sekolah, maupun masyarakat dapat menjalankan proyek tersebut agar dapat diawasi oleh semua pihak," ujar Rompis.

Rompis mengatakan, tidak semua sekolah akan mendapatkan alokasi DAK karena akan diseleksi sekolah mana yang lebih membutuhkan.

Sementara untuk pelaksanaan DAK 2012, ia mengatakan, lebih difokuskan pada pekerjaan fisik. "Sekitar 20 persen untuk pekerjaan nonfisik dan 80 persen untuk pekerjaan fisik," jelas Rompis.

Menyinggung tentang proyek DAK 2011 melalui Dinas Dikpora Bitung, Rompis mengatakan, sudah berjalan 80 persen. Presentasi DAK 2011 tersebut, kata Rompis, penyelesaian pekerjaannya bervariasi, ada yang telah selesai 100 persen, namun lainnya masih 50 persen ke atas.

Namun demikian Rompis berharap kontraktor segera menyelesaikannya sampai dengan batas waktu 10 Desember 2011. "Kalau tidak diselesaikan pada batas waktu yang ditentukan adalah resiko kontraktor sendiri," demikian Rompis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com