Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Mengecewakan, Entikong Bangun SPBU Petronas

Kompas.com - 10/10/2011, 10:20 WIB

SANGGAU, KOMPAS.com - Sebagai bentuk keprihatinan atas masalah krisis BBM di wilayah perbatasan yang sudah terjadi selama ini, pengusaha wilayah Entikong akan segera mendirikan SPBU Petronas. Bekerjasama dengan pengusaha BBM di negara tetangga, Malaysia.

Ketua Asosiasi Pengusaha Perdagangan Perbatasan Indonesia (AP3I) Kalimantan Barat, Thalib mengatakan, saat ini proses pembangunan SPBU tersebut tinggal menunggu keluarnya ijin bangunan dari Bupati Sanggau.

"Tinggal menunggu izin IMB, begitu izin keluar maka pembangunan akan dimulai. Posisinya di sekitar Kecamatan Entikong, tepatnya sekitar empat kilometer dari PLB Entikong," kata Thalib, Senin (10/10/2011).

Thalib mengungkapkan, alasan pembangunan SPBU tersebut karena masyarakat merasa kecewa dengan pasokan BBM dari Pertamina Kalimantan Bararat.  Mereka merasa, Pertamina tidak pernah memiliki itikad baik untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat di wilayah perbatasan, khususnya Entikong, Kabupaten Sanggau.

"Kami selama ini merasa dianaktirikan, SPBU terus dilakukan pembangunan di wilayah perbatasan ini. Sementara pasokan BBM tidak sesuai dengan total kebutuhan tersebut," katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan BBM, dijelaskan Thalib, masyarakat perbatasan lebih mengandalkan BBM Malaysia. Setiap harinya, menurutnya, masyarakat harus datang ke SPBU di wilayah Tebedu Malaysia agar mudah mendapatkan BBM.

"Setiap hari puluhan kendaraan dari perbatasan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan angkutan lebih suka antre di Tebedu untuk mendapatkan BBM. Karena memang pasokan BBM di SPBU sepanjang wilayah perbatasan selalu kosong," jelas Thalib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com