Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Jenazah Korban Sudah Dikeluarkan dari Pesawat

Kompas.com - 02/10/2011, 12:16 WIB

LANGKAT, KOMPAS.com - Proses evakuasi terhadap 18 jenazah korban jatuhnya pesawat Casa 212 milik Nusantara Buana Air, di Kecamatan Bahorok, Langkat, Sumatera Utara, telah berhasil dilakukan pada hari ini, Minggu (2/10/2011). Namun, seluruh jenazah masih berada di lokasi jatuhnya pesawat. Tim evakuasi berhasil mengeluarkan seluruh jenazah dari dalam pesawat. Seperti dilaporkan, seluruh penumpang dan awak pesawat tewas masih dalam keadaan duduk di kursinya masing-masing.

"Tim penyelamat sudah mengeluarkan mereka dari pesawat dan berhasil memasukkan seluruhnya ke dalam kantong mayat," kata Direktur Opersasi Basarnas Marsekal Muda Sunarbowo, Minggu (2/10/2011).

Menurutnya saat ini tim penyelamat hanya tinggal mempersiapkan helipad untuk pendaratan helikopter. "Jarak helipad sekitar 500 meter dari lokasi jatunhnya pesawat," ujarnya.

Diperkirakan, dalam waktu satu jam lagi helipad sudah selesai dan dapat digunakan untuk pendaratan helikopter guna mengangkut jenazah. Selanjutnya, melalui jalur darat, jenazah akan dibawa ke RS Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, sebelum diserahkan kepada pihak keluarga masing-masing.

Pesawat Casa 212 miliki Nusantara Buana Air rute Medan-Kutacane jatuh di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser pada Kamis (29/9/2011) lalu, sekitar pukul 08.00. Lokasi jatuhnya pesawat sulit dijangkau sehingga Tim SAR dan TNI AU baru mampu menjangkau lokasi pada hari ketiga pasca kejadian. Akibat peristiwa ini, 14 orang penumpang dan 4 orang kru pesawat tewas. Diduga, akibat benturan keras saat pesawat jatuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com