Rabu, 3 September 2014

News / Regional

Pesona Alam

FOTO: Keindahan Rinjani

Sabtu, 1 Oktober 2011 | 17:50 WIB

LOMBOK, KOMPAS.com Pemandangan indah pada pagi hari di kaldera Gunung Rinjani dilihat dari Kamp Plawangan Senaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB, Sabtu (1/10/2011). Cuaca cerah tanpa angin membuat segara anak dan Gunung Barujari di tengah kaldera tampak indah.

Bumi perkemahan Plawangan Senaru merupakan salah satu titik persinggahan pendakian ke Rinjani. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 2.500 meter di atas permukaan laut (2.500 mdpl). Suhu rata-rata pada malam hari sekitar 10 derajat celsius.

Perkemahan ini bisa dicapai dari desa terakhir dengan berjalan kaki sekitar 8 jam. Dari Plawangan Senaru, pengunjung bisa meneruskan perjalanan turun ke segara anak sejauh 2-3 jam perjalanan.

Gunung Rinjani yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan salah satu tujuan wisata alam yang diminati wisatawan, baik lokal maupun asing. Saat puncak kunjungan pada Juli-Agustus, jumlah pengunjung bisa mencapai 11.000 orang per bulan.

Selain menawarkan pemandangan kaldera dengan segara anak dan gunung anakan Barujari, puncak Rinjani setinggi 3.724 mdpl merupakan puncak gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah Kerinci.


Editor : Marcus Suprihadi