Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotak Pos di Bawah Laut Pantai Amed

Kompas.com - 30/09/2011, 15:55 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Minggu (2/10/2011), Indonesia resmi miliki kotak pos bawah laut di Pantai Amed, Kabupaten Karangasem, Bali. Ini menjadi kotak pos pertama di Indonesia, dan kedua di dunia setelah perairan Australia.

Ongkos kirim cuma Rp 10.000. Alamat ke mana saja bakal dikirim, walau ke luar negeri sekalipun. Prosesnya dilengkapi dengan cap khusus dan amplop khusus anti-air. Adapun kotak pos ini bernilai investasi Rp 25 juta.

Bentuknya seperti gapura ala Pulau Dewata berwarna putih. Kotak itu bakal ditempatkan di kedalaman sekitar 10 meter. Dengan demikian, hanya si pengirim pos yang bisa menyelam yang akan mengirim karena pengirim harus memasukkan sendiri surat ke kotaknya.

Nah, siapa pak pos yang mengambil? "Kami bekerja sama dengan para penyelam yang ada di Amed. Mereka yang akan mengambil dari dasar laut," ucap Direktur Utama Pos Indonesia I Ketut Mardjana pada jumpa pers di Kantor Pos Besar Denpasar.

Lalu mengapa memilih Amed dengan lokasi pantai sekitar 200 kilometer dari Kota Denpasar? Menurut I Ketut Mardjana, ini agar pariwisata Bali tidak hanya di Kuta.

Jangan salah, Amed sudah dkenal sebagai pantai yang memiliki alam bawah laut nan indah. "Jadi, Amed sudah go international, lho!" kata direktur yang asli Batur, Bali, ini. Menurutnya tidak mungkin meletakkan kotak pos ini di Jakarta. Ia mengatakan, air pantai dan dasar lautnya sudah keruh. "Siapa mau nyelam?" lanjutnya.

Peresmian secara simbolik dilakuan setelah acara sepeda gembira 15.000 orang di Bangli yang berhadiah antara lain rumah dan mobil, Minggu. Penandatanganan dilakukan bersama antara Direktur Utama Pos Indonesia serta Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

"Wah itu seru. Saya harus bisa ke Amed," kata GN Surya Hadinata, Ketua Filateli Indonesia di Bali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com